The Crumpled Paper


when I write without paper

NAO Writer, Si Robot Sekretaris

Halo readers,

Hari ini saya akan membahas tentang robot humanoid. Robot humanoid adalah robot yang dibuat menyerupai manusia dan bisa berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Salah satu robot humanoid yang terkenal adalah Honda ASIMO. Yap, ASIMO bahkan sudah bisa berlari! (Definisi berlari adalah ketika semua 'kaki' melayang di udara). Tapi, pada postingan ini saya tdak membahas tentang ASIMO. Saya akan membahasa robot humanoid bernama NAO. NAO adalah robot bipedal yang dibuat oleh Aldebaran Robotics.

Gambar 1. NAO

Di postingan ini saya khususkan lagi pada robot NAO yang bisa menulis, namanya NAO WRITER. Nah lo, penasaran? Lihat dulu video berikut:

NAO Writer mampu menuliskan kata-kata yang diminta oleh user. Dalam Video tersebut, seorang user meminta NAO menuliskan kata "robot". Dan Voila, NAO-pun mampu menuliskan kata tersebut pada alas tulis yang disediakan. Bahkan, NAO tau ketika dia tidak memilki alat tulis, dan dia bisa meminta kepada user untuk memberinya alat tulis. Baru kemudian, setelah dia memiliki alat tulis, NAO siap untuk menerima perintah kata-kata untuk dia tuliskan.

Menurut analisa saya, NAO memilki artificial intelligence (AI) dan neural network. Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia. Sedangkan neural network merupakan adopsi dari kemampuan otak manusia yang mampu memberikan stimulasi/rangsangan, melakukan proses, dan memberikan output. Output diperoleh dari variasi stimulasi dan proses yang terjadi di dalam otak manusia. Nah, NAO dilatih untuk mendengarkan dan mengartikan ejaan yang diucapkan oleh user menggunakan AI. Selanjutnya , dengan neural network, NAO 'memikirkan' output (berupa kegiatan menulis). 

Seandainya robot ini sudah tersedia di pasar Indonesia, mungkin para guru TK atau orang tua tidak kerepotan dalam mengajarkan anak mereka membaca, menulis , dan mengeja. Dan pembelajaran baca-tulis pasti akan lebih menyenangkan serta merangsang si anak untuk belajar bersama NAO.

Sekian dulu postingan saya untuk memenuhi tugas Pemodelan Fisiologi yang kedua. Terimakasiiiiiiih :)

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :